suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Ancam Korban dengan Pisau, Mahfud Diadili di Pengadilan Negeri Surabaya

Foto: Terdakwa Mahfud (kiri atas) dan Saksi Korban Bayu Hendri ( kanan), agenda sidang, dakwaan, saksi, pemeriksaan terdakwa, di Pengadilan Negeri Surabaya secara vidio call
Foto: Terdakwa Mahfud (kiri atas) dan Saksi Korban Bayu Hendri ( kanan), agenda sidang, dakwaan, saksi, pemeriksaan terdakwa, di Pengadilan Negeri Surabaya secara vidio call
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik.com) - Sidang perkara pidana, melakukan ancaman terhadap korbannya dengan sebilah pisau panjang 16 cm, dengan cara menghampiri korban pisau tersebut diarahkan tepat di kedua mata diatas hidung, ancaman menggunakan pisau tersebut dilakukan oleh Terdakwa Mahfud bin Ismail, di Ruang Garuda 2 Pengadilan Negeri Surabaya, di pimpin Ketua Majelis Hakim, Erintua Damanik secara vidio call.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), I Gede Krisna Wahyu Wijaya dari Kejari Tanjung Perak, menyatakan, Terdakwa Mahfud melakukan tindak pidana, "Memaksa orang lain supaya melakukan, tidak melakukan, membiarkan sesuatu, memakai kekerasan, sesuatu perbuatan maupun perlakuan yang tak menyenangkan, dengan memakai ancaman kekerasan, sesuatu perbuatan yang tak menyenangkan, baik terhadap orang itu sendiri maupun orang lain." "Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 335 Ayat (1) Ke – 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana." ATAU, "Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 2 Ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 Tentang Mengubah “Ordonnantie Tijdelijke Bijzondere Strafbepalingen” (STBL. 1948 No. 17) dan UU RI Dahulu Nomor 8 Tahun 1948."

Baca Juga: Menang Lelang, PT TUL Ajukan Eksekusi Hotel Garden Palace

Selanjutnya, JPU menghadirkan Saksi Bayu Hendri, yang menerangkan, "Waktu akan berangkat kerja berjualan ke pasar, 11/12/2023, Terdakwa Mahfud mengejar saya dari belakang, dia menanyakan "Mana hp saya" saya jawab gak tau, dia ancaman saya dengan pisau diarahkan ke muka saya, sebelumnya saya sudah pernah diancam," terang saksi, Kamis (29/02/2024).

Terhadap keterangan Saksi Bayu Hendri, Terdakwa Mahfud membenarkannya, "Benar yang mulia," katanya.

Sidang akan dilanjutkan pada Kamis mendatang dengan agenda tuntutan JPU.

Baca Juga: Sudah Terbayar Lunas, Terdakwa Tak Serahkan Surat Rumahnya pada Pembeli, Rukayah Dituntut 3 Tahun Bui

Diketahui, Senin 11 Desember 2023, Jam 02:00 wib, Saksi Bayu Hendri datang ke rumah mertuanya, Jalan Tenggumung Wetan 3/17, Wonokusumo Kecamatan Semampir, Surabaya, sekira Jam 06.30 wib. Bayu Hendri keluar rumah menggunakan sepeda motor untuk berjualan di pasar. Saat melintasi Jalan Tenggumung Wetan Gg 3, Saksi Bayu Hendri diteriaki oleh Terdakwa Mahfud dengan kata “Hei”, Saksi Bayu berhenti, Saksi Edie Budiarto yang berada di rumah Tenggumung Wetan Gg 3/29 Wonokusumo, Semampir, mendengar teriakan terdakwa, keluar rumah, melihat terdakwa melakukan ancaman dengan1 bilah pisau panjang 16 cm menghampiri Saksi Bayu Hendri, diarahkan tepat di kedua mata diatas hidung, dengan mengatakan "Mana Handphone saya" Bayu Hendri menjawab " Saya tidak tahu".

Kemudian Saksi Edie Budiarto menghampiri Terdakwa dan Saksi Bayu Hendri, kemudian 1 bilah pisau panjang16 cm diturunkan oleh Terdakwa. Terdakwa kembali kerumahnya dan menyimpan 1 bilah pisau tersebut didepan Rak TV. Atas kejadian tersebut, Saksi Edie Budiarto memberitahu Saksi Zainal Abidin saudara dari Saksi Bayu Hendri. Saksi Zainal Abidin mencari Bayu Hendi di gang 3 sudah tidak ada. Zainal mendatangi rumah terdakwa untuk menanyakan dan minta pertanggung jawaban dari keluarga terdakwa, namun, tidak ada etikat baik dari pihak keluarga maupun terdakwa.

Baca Juga: Tukang Tatto Nyambi Jualan Sabu, Endra Dwi Saputra Dihukum 5 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

Setelah melakukan pengancaman, pisau tersebut dibuang ke atas genting oleh terdakwa, untuk menghilangkan barang bukti.

Senin, 11 bulan Desember 2023, Jam 08:00 Wib, anggota Polsek Semampir, saat tugas sebagai Babinkamtibmas di Kelurahan Wonokusumo, Moch. Hakiman, mendapat informasi ada keributan di JalanTenggumung Wetan Gg. 3 Surabaya, mendatangi lokasi dan mengamankan terdakwa. Kemudian, dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti 1 bilah pisau panjang 16 cm milik terdakwa. (sam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper